Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia. (Wikipedia)

Kanker kulit sebagian besar diakibatkan oleh sinar UV. Selain diakibatkan oleh sinar UV,  penyebab lain yang berisiko tinggi terkena kanker kulit adalah:
– Penyakit kulit seperti lupus dan lepra
– Luka bakar
– Bisul yang tak kunjung sembuh
– Terapi radiasi
– Trauma panas
– Ekspos terhadap arsenik
– Transplantasi organ, dan
– Kondisi kulit genetis seperti albino

Untuk mencegah penyakit kulit seperti kanker kulit, sebaiknya mengkonsumsi sayuran atau buah yang mengandung vitamin E. Vitamin E selain baik untuk kulit, bermanfaat juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres, mencegah terjadinya kanker, dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Sayuran dan buah yang mengandung vitamin E antara lain: Brokoli, Bayam, Asparagus, Tomat, Biji bunga matahari, Paprika, Alpukat, Mangga, Kiwi, Pisang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s