Nyeri Otot

Setelah menyelesaikan segala pekerjaan di kantor ataupun di rumah, atau sehabis berpergian seharian pasti kita akan merasakan nyeri dan pegal-pegal. Nyeri otot dan pegal-pegal adalah pertanda tubuh kita sudah terlalu letih dan butuh dilenturkan. Ada sekitar 650 otot yang membantu tubuh untuk bergerak. Otot terdiri dari serat yang dapat berkontraksi sehingga mampu memanjang dan memendek untuk menghasilkan gerakan. Tendon menghubungkan otot dengan tulang.

Penggunaan otot melebihi kemampuannya akan berakibat terjadinya terkilir, disebut juga dengan otot yang tertarik. Sementara itu penggunaan yang berlebihan bagian tubuh tertentu dapat menyebabkan cedera otot ringan. Otot bukannya kehilangan kekuatannya tetapi terasa nyeri. Rasa pegal timbul karena penumpukan asam laktat, sementara nyeri hanya terjadi pada otot-otot tertentu saja dan penyebabnya lebih jelas, misalnya karena gerakan berulang dan statis atau karena trauma.

Menghilangkan nyeri otot atau pegal-pegal dapat menggunakann air hangat, kompres hangat, atau penggunaan koyo hangat, dapat mengurangi gejala otot sakit dan radang, serta melakukan latihan peregangan setiap hari. Selain menjaga kebugaran tubuh secara umum, olahraga juga efektif melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan otot. Jila keluhan nyeri otot dan sendi tidak juga hilang, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mencari penyebabnya.

Nyeri otot dapat dicegah atau dihindari dengan melakukan peregangan otot dan sendi secara teratur, membatasi latihan ataupun aktivitas fisik berlebihan, sehingga tidak sampai menimbulkan cedera pada otot yang bergerak. nyeri otot ringan biasanya dapat sembuh sendiri dalam waktu 3 sampai 4 hari, usahakan berat badan pada posisi berat ideal, usahakan waktu aktivitas tidak mengganggu istirahat, biasakan duduk pada posisiyang benar, dan lakukan peregangan dan relaksasi ketika akan berolahraga.

Sumber: kompas.com
http://blogdokter-indonesia.blogspot.com/
http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualita Harga Murah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s