Kebiasaan Yang Menurunkan Sistem Imun

Kekebalan tubuh yang menurun tidak hanya membuat seseorang terkena flu atau batuk, tapi membuat orang rentan terinfeksi bakteri atau virus di luar.

Berikut kebiasaan yang tidak disadari dapat menurunkan sistem imun diantaranya adalah:

1. Sering begadang
Mengurangi waktu tidur akan memiliki efek merugikan yang kuat terhadap imunitas, hal ini karena jam tidur yang kurang dikaitkan dengan menurunnya fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi jumlah sel-sel yang berfungsi melawan kuman.

2. Bertindak pesimis
Sebuah studi dari UCLA menemukan mahasiswa yang memulai semester pertamanya dengan optimistis memiliki sel T yang lebih banyak, sehingga dapat memperkuat respons imun dan menguatkan sel-sel pembunuh alami di dalam tubuh. Hal ini disebabkan ia akan sedikit mengalami stres yang membuat ia memiliki kesehatan yang baik.

3. Selalu merasa tertekan dan stres
Stres dan tekanan kronis yang diterima setiap hari tidak hanya membuat pekerjaan menjadi tidak nyaman, tapi juga merugikan aspek kesehatan termasuk kekebalan tubuh. Jenis stres yang dialami dapat menyebabkan penurunan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

4. Selalu meminjam pulpen atau barang dari orang lain
Kuman sangat mudah lewat dari tangan ke tangan, karena itu hindari menyentuh objek-objek umum seperti pena atau yang lainnya agar dapat mengurangi risiko terkena flu atau penyakit menular yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

5. Selalu menggunakan kendaraan saat pergi kemanapun
Seseorang yang selalu menggunakan kendaraan dan tidak pernah berjalan akan membuat dirinya lebih rentan sakit dan turunnya kekebalan tubuh dibandingkan dengan orang yang berjalan secara teratur.

6. Memiliki teman yang perokok
Seperti diketahui asap rokok yang terhirup bisa berbahaya bagi tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh seseorang. Karena itu sebisa mungkin menghindari paparan asap rokok ketika menghabiskan waktu dengan seorang perokok.

7. Sering mengonsumsi antibiotik
Peneliti menemukan pasien yang mengonsumsi antibiotik tertentu dapat mengurangi jumlah sitokin (hormon pembawa pesan dari sistem kekebalan tubuh). Sehingga ketika sistem kekebalan tubuh ditekan, seseorang akan lebih mudah mengembangkan bakteri resisten. Untuk itu sebaiknya tidak mengonsumsi sembarangan antibiotik, kecuali diresepkan oleh dokter.

8. Memiliki kepribadian yang serius
Peneliti mengungkapkan emosi positif yang dihubungkan dengan tertawa bisa menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel-sel kekebalan tertentu serta mengaktifkan yang lainnya.

9. Terlalu banyak berolahraga
Kurang berolahraga tidak boleh, begitu juga dengan olahraga yang berlebihan, semuanya harus seimbang. Terlalu banyak berolahraga ternyata dapat membuat tubuh menjadi lebih tegang. Hal tersebut akan memberi pengaruh negatif terhadap sistem imun tubuh Kamu. Tidak hanya itu, terlalu memaksa tubuh melakukan berbagai macam latihan juga tidak baik untuk sistem kardiovaskular tubuh.

10. Kurang minum air
Air yang diminum dapat meningkatkan proses pembuangan toksin dari dalam tubuh melalui urin yang diekskresi. Dengan berkurangnya toksin dari dalam tubuh, maka kerja sistem imun akan lebih ringan.

11. Terlalu banyak terpapar sinar matahari
Terlalu banyak terekspos sinar matahari tidak hanya akan meningkatkan kemungkinan untuk terserang kanker kulit, tetapi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

12. Berat Badan berlebih
Berat Badan yang berlebih juga disinyalir menjadi salah satu penyebab melemahnya sistem imun tubuh manusia. Para peneliti telah menemukan bahwa obesitas akan melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Penelitian lanjutan bahkan menemukan bahwa obesitas akan meningkatkan kemungkinan tubuh untuk terserang infeksi akibat melemahnya sistem imun.

Sumber:
http://www.4lifesistemimun.com/8-penyebab-kekebalan-tubuh-menurun/

http://informasitips.com/10-kebiasaan-buruk-yang-melemahkan-sistem-kekebalan-tubuh-imunitas

http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s