Menjaga Kebersihan Lidah

Lidah adalah bagian penting dari mulut, sehingga Anda tidak boleh melupakan untuk selalu membersihkannya setiap kali menggosok gigi. Ketika kita bicara tentang kebersihan mulut, gigi selalu dianggap sebagai bagian integral dari perawatan tersebut. Namun pada kenyataannya, lidah juga merupakan organ tubuh yang penting untuk selalu dijaga kebersihannya.

Lidah berwarna putih menjadi masalah oral yang diderita oleh banyak orang. Lapisan putih atau lapisan tipis di lidah dapat menyebabkan masalah bau mulut dan memicu akumulasi bakteri yang bisa berbahaya bagi gigi. Berikut adalah cara alami untuk menjaga kebersihan lidah:

1. Sikat gigi

Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menjaga kebersihan mulut Anda. Selain membersihkan gigi dan lidah, sikat gigi juga dapat membersihkan rahang dan gusi.

2. Pembersih lidah

Kebersihan mulut dapat terjaga dengan baik, bila Anda juga membersihkan lidah. Anda dapat menggunakan pembersih lidah untuk menyingkirkan lapisan putih dari lidah. Namun, gunakan itu secara perlahan karena jika tidak itu dapat melukai lidah Anda.

3. Makanan untuk gigi

Pilihlah makanan yang tepat untuk menjaga kebersihan mulut Anda, seperti stroberi, lemon, keju, dan apel. Makanan sehat ini akan menjaga gigi tetap putih.

4. Jeruk nipis

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang dapat menghilangkan lapisan putih pada lidah dan juga membuatnya tetap bersih. Campurkan baking soda dan perasan jeruk nipis. Gosokkan ramuan itu pada lidah dan kemudian sikat gigi Anda. Bilas mulut Anda dengan air.

5. Berkumur

Biasakan untuk selalu berkumur dengan air setelah makan. Ini dapat menghilangkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi dan juga membersihkan lidah.

6. Cairan antiseptik

Biasakan untuk berkumur dengan cairan antiseptik sehabis menyikat gigi. Selain menghilangkan lapisan putih pada lidah, hal ini dapat menghindarkan Anda dari akumulasi karang gigi dan masalah gigi berlubang.

7. Yogurt

Jamur Candida merupakan salah satu penyebab lidah putih. Nah, yogurt adalah makanan pro-biotik yang dapat membunuh jamur dan mencegahnya tumbuh kembali.

8. Kunyit

Kunyit adalah bahan antiseptik dan anti-bakteri yang dapat digunakan sebagai obat untuk membersihkan lidah Anda. Campur bubuk kunyit dengan air dan gunakan untuk berkumur.

9. Beberapa layak mendapat perawatan ekstra

Lidah yang jarang dibersihkan lama-kelamaan akan mulai menebal dan mengeras. Anda harus berhati-hati ketika akan mengikisnya, karena bukan tidak mungkin dapat merusak jaringan pada lidah. Anda dapat melindungi lidah dengan memberikan semprotan pelembab mulut atau gel dan menunggu 10 sampai 15 menit, kemudian baru menyikatnya.

Berdasarkan data riset kanker WHO (Globocan 2008), kanker mulut merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita pria di Asia Tenggara setelah kanker paru-paru. Masih menurut riset Globocan, diperkirakan ada sekitar 5.000 kasus kanker mulut di Indonesia pada 2008 dengan jumlah kasus kematian mencapai 2.143 orang. Angka kasusnya relatif cukup tinggi karena memang sulit untuk mendeteksi perkembangan kanker mulut. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan mulut seminggu sekali (bila usia diatas 40 tahun). Para ahli kesehatan gigi dan mulut menyatakan, risiko infeksi akibat tindikan di lidah lebih tinggi ketimbang tatto. Peneliti berasalan karena pada dasarnya mulut seseorang sudah penuh dengan bakteri, dan bila ditambah dengan perhiasan logam di lidah, akan menambah kerusakan gigi dan gusi. Bahkan prosedur menusuk lidah sendiri (tindik) diketahui dapat merusakan saraf dan mengganggu indera perasa.

Sumber:
http://www.merdeka.com/sehat/8-cara-menjaga-kebersihan-lidah.html
http://health.kompas.com/read/2011/12/07/16215382/4.Hal.Wajib.Diketahui.Soal.Kesehatan.Lidah
http://herbaten.com/ (Tok Herbal Berkualitas Harga Murah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s