Penyebab Dan Mengatasi Angin Duduk

Angin duduk atau dalam istilah kedokteran sendiri mirip dengan yang dimaksud angin duduk adalah angina pectoris yang ditandai dengan rasa nyeri pada dada sebelah kiri.

Angin duduk memiliki ciri-ciri pusing, mual dan kembung yang dialami penderita Angina pectorismemang nyaris serupa dengan penyakit masuk angin biasa. Hanya penderita juga merasakan dada sesak, nyeri dibagian ulu hati, keluar keringat sebesar jagung, serta badan terasa dingin. Sayangnya, hal ini sering tidak disadari sebagai indikasi adanya gangguan pada jantung yang sifatnya kritis.

Penyakit ini merupakan gangguan pada jantung akibat adanya kelainan pada pembuluh koroner, sehingga darah tidak mampu mengantarkan zat-zat yang dibutuhkan oleh jaringan dinding rongga jantung. Karena itu, jika tidak terdeteksi sejak awal, penderitanya bisa mengalami sudden death.

Penyakit angina pectoris itu sendiri berupa perasaan tidak nyaman berkepanjangan, yang terjadi lebih dari 5 menit, akibat menurunnya tekanan darah yang memompa jantung. Akibatnya, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen. Karena jantung tidak mampu memompa dengan sempurna, maka pembuluh darah mengadakan reaksi pemulihan berupa kontraksi guna mencukupi pengisian oksigen pada pompa jantung tadi, kontraksi itulah yang menimbulkan keringat dingin pada kulit.

Angin duduk dapat disebabkan oleh:
1. Melupakan pentingnya :Olahraga
2. Hidup dalam kondisi stress
3. Sering tidur larut malam,
4. dan sering mencoba bermacam pola diet yang tidak sehat.

Untuk terhindar dari angin duduk, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tekanan darah
Tekanan darah dapat menyebabkan serangan angina pectoris karena tekanan darah yang tinggi dapat membuat kebutuhan tubuh terhadap oksigen meningkat.

2. Kadar Gula
Tingkat kadar gula yang tinggi akan menghambat proses masuknya oksigen ke jantung.

3. Kolesterol
Tingkat kolesterol harus dipantau karena penyumbat yang umum ditemukan pada pembuluh darah adalah lemak atau plak kolesterol.
Melakukan pemeriksaan darah yang sederhana sering kali mengindikasikan bahaya yang menanti lama sebelum seseorang mengalami gejala yang terlihat seperti angina.

Untuk mencegah angin duduk, sebaiknya Anda merubah pola hidup anda. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya angin duduk:
1. Minum Air putih minimal 8 gelas sehari

2. Banyak makan buah-buahan dan sayuran (serat alami)

3. Hindari stress, dan selalu sabar

4. Perbanyak berpuasa

5. Tidur yang cukup dan olahraga ringan diusahakan rutin

Sumber:
http://purwo.com/2010/02/09/penyebab-angin-duduk-dan-cara-mencegahnya.html
http://www.merdeka.com/ireporters/sehat/apa-itu-angin-duduk-atau-angina.html
http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Tinggalkan komentar